Daftar Isi

Tips Berapa Lama Seharusnya Anak Anda Harus Tidur




Tidur merupakan salah satu aktivitas yang bermanfaat terutama pada anak-anak. Tidur yang cukup memungkinkan otak dan organ tubuh lainnya berkembang serta bekerja optimal. Selain itu, hormon-hormon pun lebih aktif diproduksi selagi tidur. Hal ini penting untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi kerja otak serta melancarkan pengangkutan asam amino dari darah ke otak.

Meski tidur sangat penting, namun terlalu banyak tidur juga bisa menyebabkan anak malas dan kurang produktif. Sebenarnya berapa lama anak seharusnya tidur setiap harinya? Apakah anak Anda termasuk yang terlalu banyak tidur sehingga kurang beraktivitas atau justru kurang tidur?

Waktu tidur yang dibutuhkan anak, sebenarnya berbeda-beda tergantung usianya. Berikut adalah panduan waktu tidur yang baik bagi anak seperti dikutip dari Parents Zone:

1. Bayi Baru Lahir
Bayi akan menghabiskan lebih dari 75% waktunya unntuk tidur atau sekitar 18 jam atau lebih dalam sehari. Pada usia bayi, tidur ikut membantu proses tumbuh-kembangnya.

2. Bayi 1-4 Bulan
Bayi usia antara 1-4 bulan masih menghabiskan seluruh waktunya untuk tertidur, yaitu sekitar 14 sampai 16 jam setiap harinya.

3. Anak 1-3 Tahun
Anak pada usia ini membutuhkan waktu tidur antara 12-15 jam setiap harinya. Untuk tidur siang, anak membutuhkan sekitar 2-3 jam dan kebanyakan mereka dapat tidur sepanjang malam dengan jadwal tidur yang teratur.

4. Anak 3-5 Tahun
Balita usia ini membutuhkan 11 sampai 13 jam waktu tidur tiap harinya. Pada usia ini, waktu tidur siang lebih dikurangi agar tidak mengganggu waktu tidur anak di malam harinya.

5. Anak 5-12 Tahun
Anak usia sekolah umumnya membutuhkan waktu 9 sampai 11 jam untuk tidur. Pada usia ini anak membutuhkan waktu tidur yang kurang atau lebih tergantung dari tingkat aktifitas yang mereka lakukan.

6. Usia Remaja
Pada usia remaja, anak-anak sudah mulai banyak berkegiatan mulai dari mengerjakan tugas sekolah, les, bermain, menonton televisi atau bermain komputer. Seluruh kegiatan ini bisa mengurangi waktu tidur mereka. Sebenarnya waktu tidur yang baik untuk remaja adalah sekitar 10 jam setiap harinya. Bahkan anak usia 15 pun masih butuh waktu tidur lebih banyak dibanding orang dewasa.

Melihat pentingnya tidur yang cukup, dan juga pengaruhnya pada proses tumbuh kembang anak, di sinilah peran orangtua dibutuhkan untuk menjaga pola tidur dengan mebiasakan anak untuk tidur tepat waktu.
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top