Daftar Isi

8 Hal Positif yang Dilihat Anak Dari Pernikahan Ortunya



Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Barangkali itulah kata-kata yang paling tepat mencerminkan mengapa pengaruh orangtua sangat besar dalam tumbuh kembang anak. Anak-anak mempelajari dan mencontoh perilaku orangtuanya dan kemudian mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan bisa sampai ketika mereka menikah dan punya anak.

Pakar hubungan sekaligus penulis, Nancy Pina, menjelaskan pentingnya persiapan sebelum mengajarkan anak-anak Anda kelak apa yang harus mereka lakukan. Diskusikan dari awal masalah tersebut dengan pasangan sebelum memutuskan untuk menjalani pernikahan dan membentuk sebuah keluarga. Dengan membahas mengenai masalah ini dari awal, akan mengurangi risiko munculnya ketidakstabilan emosional yang dapat muncul pada anak Anda di kemudian hari.

Setiap generasi bertumbuh lebih kuat dibandingkan generasi sebelumnya. Hal ini dikarenakan setiap manusia diciptakan untuk mencari pemenuhan jiwa dengan rasa saling memiliki, menghargai diri sendiri dan juga dapat berkompetensi dalam hidup. Sebagai orangtua, Anda dituntut untuk dapat mengomunikasikan hal tersebut serta mengajarkan anak Anda hal-hal positif yang ia butuhkan dalam hidupnya. Ini dia caranya mengajarkan nilai-nilai kehidupan pada anak lewat hubungan pernikahan Anda dengan suami, seperti dikutip dari Gal Time.

1. Menjadi Role Model bagi Anak
Meskipun Anda telah membaca seluruh buku parenting terbaik, tanpa disertai dengan pondasi yang kuat, Anda tidak akan dapat mengajarkan anak hal-hal yang baik bagi anak. Anda dan pasangan harus memiliki kesatuan dalam mengasuh dan membesarkan anak dan membangun agar dapat menciptakan suatu keluarga yang harmonis. Dengan mengomunikasikan hal tersebut kepada pasangan akan memberikan pengaruh yang besar bagi kesuksesan, kebahagiaan, dan stabilitas emosional sang anak.

2. Hubungan dengan Pasangan
Cara terbaik mengajarkan anak dimulai dari hubungan Anda dan pasangan. Berbeda dengan trend yang populer, anak bukanlah pusat perhatian dalam unit sebuah keluarga, melainkan apa yang dilakukan oleh orangtua sang anak. Anak-anak cenderung mengikuti orangtuanya sehingga dengan menjadi contoh yang baik dalam hubungan Anda dengan pasangan akan membangun karakter mereka menjadi lebih terkontrol.

3. Menyelesaikan Masalah dengan Bijak
Belajarlah untuk menyelesaikan konflik yang terjadi tanpa melebih-lebihkan situasi. Jangan juga membuatnya lebih buruk dengan saling diam tak bicara kepada pasangan. Hal itu bisa dengan mudah ditiru anak. Bekerja samalah untuk mengungkapkan apa yang tidak Anda sukai dan belajarlah untuk saling mengerti serta mengungkapkan permasalahan yang dapat dimengerti pasangan Anda. Hal ini penting agar dapat menciptakan hubungan yang lebih baik dan menciptakan perasaan saling mengasihi yang lebih dalam dibandingkan sebelumnya.

4. Disiplin dalam Hidup
Buah hati Anda akan belajar menjadi orang yang dapat diandalkan dan bertanggungjawab dari orangtuanya. Belajarlah bersabar mengungkapkan apa yang Anda rasakan. Spontanitas, hiburan dan juga kesenangan akan membuat hidup menjadi lebih seimbang. Namun, buah hati Anda juga membutuhkan stabilitas dan keteraturan untuk merasa aman dan terlindungi.

5. Bijak dalam Bertindak
Orang seringkali mendahulukan emosi mereka dalam mengatasi sesuatu dibandingkan menggunakan nalar untuk berpikir secara bijaksana. Kadangkala Anda dapat merasa malas melakukan sesuatu ataupun memiliki mood yang buruk, namun jangan biarkan hal tersebut merusak hari Anda. Jangan biarkan emosi mengendalikan Anda sehingga membuat buah hati yang menjadi korban dari buruknya mood Anda.

6. Saling Mendukung
Kata-kata yang membangun dan kepercayaan terhadap pasangan merupakan faktor terpenting dalam mencapai tujuan hidup. Jadilah penyemangat untuk satu sama lain, dan jangan merendahkan pasangan Anda apalagi di depan orang lain.

7. Peduli Terhadap Sesama
Sebagai pasangan, Anda harus berpartisipasi secara aktif dengan orang lain, terutama keluarga. Jika ada orang lain yang membutuhkan pertolongan Anda, bergegaslah untuk membantunya. Perasaan yang hangat dan penuh akan kasih dengan orang lain mengajarkan anak untuk peduli terhadap sesama.

8. Saling Menghargai
Dalam suatu hubungan, penting untuk menunjukan rasa cinta kepada pasangan dengan cara yang halus. Belajarlah untuk mengekspresikan perasaan cinta Anda dengan komunikasi yang jujur dan terbuka. Hal ini menunjukan rasa menghormati pasangan dalam pernikahan Anda.
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top