Daftar Isi

Ukuran Pinggang Pengaruhi Ukuran Kesehatan


Umumnya banyak orang yang belum terlalu peduli dengan ukuran pinggangnya. Tapi memiliki ukuran pinggang yang besar bisa berisiko terhadap berbagai penyakit. Apa saja itu?

Para peneliti menemukan bukti bahwa ukuran pinggang yang besar bisa menjadi prediktor kesehatan yang buruk, karena mempengaruhi kesehatan seluruh tubuh mulai dari kepala sampai kaki.

Berikut ini beberapa penyakit yang risikonya meningkat jika memiliki ukuran pinggang besar, seperti dikutip dari Askmen, Senin (26/9/2011) yaitu:

1. Gagal jantung
Studi baru menunjukkan ukuran pinggang yang besar memicu terjadinya gagal jantung diusia setengah baya. Bahkan jika nilai indeks massa tubuh (IMT) normal, tapi ukuran pinggangnya besar bisa membuat kesehatan jantung memburuk.

2. Restless leg syndrome
Studi yang diterbitkan pada 7 April 2009 di edisi Neurology menunjukkan orang dengan lingkar pinggang besar lebih mungkin mengalami restless leg syndrome. Hal ini akan memicu terjadinya kurang tidur sehingga mengganggu kinerja dan menurunkan kualitas hidup.

3. Penyakit periodontal
Risiko penyakit periodontal ini melibatkan peradangan jaringan di sekitar gigi. Peneliti Harvard School of Public Health dan University of Puerto Rico melaporkan laki-laki yang memiliki lingkar pinggang lebih dari 40 inci (101,6 cm) memiliki risiko penyakit periodontal yang 19 persen lebih tinggi.

4. Menurunkan fungsi paru-paru
Studi yang diterbitkan dalam edisi Maret 2009 American Thoracic Society's American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine menunjukkan ukuran pinggang yang besar akan menyebabkan fungsi paru menurun, terlepas dari apakah ia seorang perokok, jenis kelamin, nilai BMI atau faktor komplikasi lainnya.

"Hasil studi ini menunjukkan bahwa ukuran pinggang yang besar berkaitan dengan FVC (forced expiratory vital capacity) yang lebih rendah," ujar Paul Enright, MD dari University of Arizona.

5. Angka kematian yang lebih tinggi
New England Journal of Medicine mempublikasikan hasil studi risiko kematian dini yang berkaitan dengan ukuran pinggang lebih besar. Setiap kenaikan 1,94 inci (5 cm) meningkatkan risiko kematian sebesar 17 persen.

6. Sakit kepala migrain
Lingkar kepala yang lebih besar akan meningkatkan kesempatan untuk menderita migrain. Ukuran pinggang yang lebih bsar bahkan tanpa obesitas secara keseluruhan akan meningkatkan risiko sakit kepaal atau migrain parah.
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top