Daftar Isi

Universitas Terfavorit di Tanah Air


Ujian Nasional untuk para siswa SMA dan sederajat sudah menjelang. Selain mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian terakhir mereka di sekolah lanjutan atas dengan mengikuti kelas tambahan pelajaran dan les-les sepulang sekolah dengan intensif, mereka yang berencana akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi pasti juga sudah menimbang-nimbang pilihan soal perguruan tinggi manakah yang akan mereka pilih kelak. 

Berikut ini adalah daftar 10 perguruan tinggi favorit di kalangan masyarakat Indonesia menurut versi 4 International Colleges & Universities yang menggunakan dasar web rank atau peringkat website sebagai penentuan peringkat. Semoga daftar ini bisa membantu menentukan pilihan.

1. Institut Teknologi Bandung
Institut teknologi tertua di Indonesia ini menduduki peringkat pertama. Banyak tokoh nasional berasal dari institut ini seperti presiden pertama Republik Indonesia, Sukarno.

2. Universitas Indonesia
Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu universitas paling prestisius di Indonesia. Pada 2009, kampus tempat Soe Hok Gie menempuh studi ilmu Sejarah ini berhasil menembus masuk daftar 50 universitas top se-Asia.

3. Universitas Gadjah Mada
Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah universitas negeri yang paling pertama berdiri di Indonesia setelah Proklamasi 17 Agustus 1945. Pada 2010, menurut versi Times Higher Education Supplement World University Rankings universias yang tahun lalu didera gonjang-ganjing soal sistem penerapan jalur mahasiswa undangan ini berada di peringkat 250 universitas terbaik dunia.

4. Universitas Gunadarma
Universitas Gunadarma merupakan perguruan tinggi swasta yang populer setelah berdiri lebih dari 25 tahun yang lalu. Dengan basis teknologi informasi dan komunikasi Universitas Gunadarma ini memiliki sarana dan prasarana perkuliahan yang amat memadai.

5. Universitas Pendidikan Indonesia
Berdiri pada 1954, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merupakan salah satu perguruan tinggi tertua di Indonesia. Kampus utama UPI yang dulu dikenal dengan nama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru ini terletak di Bandung.

6. Universitas Diponegoro
Universitas Diponegoro (Undip) dulu merupakan perguruan tinggi swasta ketika didirikan pada 1956. Undip menjadi perguruan tinggi negeri 5 tahun sesudah didirikan. Ketika terjadi konflik antara Indonesia dan Malaysia pada 2009, universitas yang berlokasi di Semarang ini memutuskan tidak lagi menerima mahasiswa asal negeri jiran itu.

7. Universitas Negeri Surakarta
Berdiri pada 11 Maret 1976, Universitas Negeri Surakarta (UNS) adalah gabungan 5 kampus di kota yang saat ini dipimpin oleh walikota yang populer dengan keputusan-keputusannya yang menggebrak, Joko Widodo atau Jokowi. Prestasi UNS cukup mengesankan baik secara nasional maupun internasional. Salah satunya adalah berhasil ditemukannya padi tahan garam di Fakultas Pertanian di universitas tersebut.

8. Institut Sepuluh Nopember
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tersohor sebagai institut yang mumpuni dalam bidang teknologi robot dan perkapalan. Meskipun ejaan kata “Nopember” sudah tidak lagi menggunakan huruf “p”, namun ITS tetap memakai huruf “p” berdasarkan alasan sejarah pendiriannya 55 tahun silam.

9. Universitas Airlangga
Berdiri pada 1954, Universitas Airlanga (Unair) dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi yang amat ketat seleksi masuknya. Penggunaan kata “Airlangga” mengacu pada nama raja yang memerintah wilayah sebagian besar Jawa Timur pada 1019 sampai 1042.

10. Institut Pertanian Bogor
Institut Pertanian Bogor (IPB) mendapatkan status otonomi lewat PP no 1952 pada 26 Desember 2000. Tahun 2004, IPB merupakan satu-satunya perguruan tinggi Indonesia yang menerapkan sistem mayor minor di mana para mahasiswanya diperbolehkan mengambil 2 atau lebih jurusan yang mereka minati.
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top