Daftar Isi

Pria Tuna Netra Sukses Sebagai Petani dan Peternak




Demi menyambung hidup, Muhammad Arif (47),  seorang penyandang tuna netra di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan harus bekerja sebagai petani dan beternak. Terbukti, keterbatasannya ternyata tak bisa membatasinya untuk sukses melakoni pekerjaannya bersama isteri tercinta. Dari hasil jerih payahnya selama bertahun-tahun, pria ini mampu membeli sebidang tanah untuk rumah hunian serta tiga petak sawah, berikut empat ekor sapi. 

Apa yang dilakukan Arif bukan tanpa tantangan. Saat mengembalakan ternak. warga Lingkungan Pakkawarue, Kelurahan Tanete, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan ini harus berjuang sangat keras. Pasalnya, selain harus menggembala sapinya ke kebun milik warga, setiap hari ia juga harus memotong rumput untuk pakan. Belum lagi, ketika sapinya mengamuk meski tali kekang sudah ada digenggamannya. Jika demikian adanya, kesabaran dan keteguhan Arif yang mengalahkan segala kesulitan itu. 

Arif mengaku  mengalami kebutaan sejak ia masih berusia tiga tahun, akibat penyakit katarak. Pria ini pun hingga sekarang tak mengetahui siapa orangtua yang melahirkannya, karena ia tinggal di panti asuhan kecil. "Saya besar di panti asuhan jadi saya tidak tahu siapa orangtuaku karena katanya saya ini anak dibuang," ujar Muhammad Arif mengisahkan perjalanan hidupnya, Senin (2/7/2012).


Awalnya penyandang tuna netra ini bukanlah seorang petani, dulunya ia bekerja sebagai tukang pijat keliling di Kota Watampone Kabupaten Bone. Namun karena kerasnya persaingan membuat Arif memilih mencari usaha lain. "Sampai sekarang saya pintar urut orang, apalagi kalau cuma sakit rematik
Insya Allah bisa saya sembuhkan. Saya berhenti karena di kota sudah banyak panti pijit dan salon plus-plus," ujar Arif kembali sambil tertawa. 

Kini Arif lebih bersyukur, karena tidak lagi mengandalkan bantuan orang lain. Arif hanya berharap agar segera memiliki keturunan, sebab sejak 10 tahun pernikahannya, ia belum dikaruniai momongan. Saat Kompas berpamitan untuk pulang, ia sempat berpesan agar menghilangkan rasa putus asa dalam hidup. 

Arif mencontohkan dirinya yang buta namun bisa sukses dan bahagia di dalam rumah tangga bersama sang isteri. "Dalam hidup tidak usah banyak berpikir kalau kita kekurangan, jalani saja apa adanya, dan jangan terlalu banyak berharap sama bantuan orang. Kalau hati kita yakin untuk dapat mengerjakan pekerjaan itu maka kerjakan Insya Allah pasti selesai," kata Muhammad Arif
.

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top