Daftar Isi

Terobosan Baru Membakar Kalori Tubuh



Ketika membicarakan olahraga, yang terbayang adalah repetisi gerakan berpola dan terkesan kaku. Padahal, sangat penting untuk mempertahankan unsur kesenangan dari aktivitas yang menguras keringat.

Bila olahraga didefinisikan sebagai sebuah laku kontemplatif yang bisa membuat pikiran fresh, menambah stamina dan membakar kalori, mungkin zumba bisa menjadi satu opsi terbaik untuk dicoba.

Zumba, bukan hanya tarian, tapi juga olahraga. Bisa dibilang, porsi olahraga ini 70 persen dansa dan 30 persen kebugaran.

Kini, tak sedikit pria yang mendalami gerakan ini karena dapat membakar kalori dengan suasana menyenangkan.

Olahraga yang berasal dari Amerika Latin ini memang tengah populer di berbagai belahan dunia, kurang lebih 125 negara telah mencobanya.

Komunitas Zumba
Saat ini, zumba juga bisa dikatakan sedang berkembang di Indonesia. "Zumba sebenarnya pertama kali masuk ke Indonesia pada 2003, diperkenalkan oleh pria kebangsaan Brazil bernama Ailton Andrade," ujar Jun Ko Agus, instruktur zumba Indonesia.

"Saya mengenal dan memperdalam zumba lewatnya. Saya mendapat lisensi pada November 2009."

Peminat zumba kemudian semakin bertambah sampai akhirnya bisa dibilang tahun 2012 merupakan masa booming-nya. Bisa dibilang, zumba jadi tren baru di Indonesia.

Animo yang cukup besar dari kalangan masyarakat biasa sampai kalangan selebriti kemudian melahirkan suatu komunitas bernama Junko n Crew yang biasa memusatkan aktivitasnya di kawasan Kemang.

"Pada 2012, penggemar zumba semakin bertambah banyak. Olahraga ini bahkan menjadi tren fitness terbaru di Indonesia bagi kalangan masyarakat," jelas pria bergelar diploma komputer ini.

Menjalankan zumba secara teratur dipastikan akan membuat badan lebih segar dan bugar. Olahraga ini bahkan sangat baik untuk pernapasan.

Satu data mengklaim, melakukan zumba selama 1 jam, mampu membakar 800 hingga 1.000 kalori.

Gerakan zumba untuk pria dan wanita tidak dibedakan. Gerakannya mungkin terlihat santai, namum semua itu tidak boleh dilakukan secara asal-asalan.

Saat melakukan zumba, kita tidak akan diajarkan gerakannya terlebih dulu, melainkan langsung mengikuti gerakan instruktur.

Pelangsing tubuh
Gerakan-gerakan zumba fokus pada pinggul, pinggang, dan kaki, sehingga bagus untuk pembentukan postur dan lekukan tubuh. Dan akhirnya, postur dan lekukan tubuh yang baik akan membuat kita lebih percaya diri.

"Gerakan zumba yang cepat dan menggunakan banyak energi membuat seluruh tubuh bergoyang, sehingga dapat membakar banyak kalori," jelas Jun yang mengelola komunitas zumba di Kemang, Jakarta.

Untuk hasil maksimal, Jun menyarankan untuk melakukan zumba 4-5 kali per minggu. "Jika rutin dilakukan, berat badan akan mudah turun," ungkapnya.

Namun, jika hanya untuk menjaga stamina tubuh, 2-3 kali per minggu saja sudah dinilai cukup. Satu lagi yang menarik: Anda tidak membutuhkan pelbagai peralatan untuk menjalani olahraga ini.

Cukup dengan baju dan sepatu olahraga yang enak untuk bergerak. Pria yang juga hobi pole dance ini juga memberi tip bagi pemula, yaitu "Siap tersenyum dan terhipnotis, pakai baju olahraga yang enak buat bergerak, siap berkeringat, siap berdansa, dan bawa botol air minum yang banyak," pungkasnya.
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top