Daftar Isi

Menikmati Keheningan Papua di Danau Sentani, Jayapura






Tidak hanya Raja Ampat saja, Papua ternyata kaya akan keindahan alam. Salah satu kekayaan tersebut adalah Danau Sentani di Jayapura. Danau yang luas dan menjadi keheningan dalam damai di tanah Papua. 


Berkunjung ke Papua, dijamin Anda akan terpukau oleh alamnya. Hutan-hutan lebat, danau, dan pulau-pulau kecil nan cantik, menjadi suguhan utama dari Papua. Saat ke Papua, sempatkanlah berkunjung ke Danau Sentani. Ada keheningan dan aneka macam budaya masyarakat Papua di sana.



Senja di danau Sentani


Dari situs resmi pariwisata Indonesia yang dikunjungi detikTravel, Kamis (31/5/2012), danau ini memiliki pemandangan yang indah dan terletak di dekat Jayapura, ibu kota Provinsi Papua. Danau ini merangkul Pegunungan Cyclops di sebelah utara dan menjadi tempat tinggal bagi 24 desa yang betengger sekitar danau.



Untuk melihat kilauan air danaunya, Anda bisa melihatnya dari Bukit Makatur. Di sini terpampang jelas keindahan Danau Sentani. Danau yang biru dipadu dengan warna hijau dari jajaran Pegunungan Cylops, menjadikan suasana seperti keheningan tanpa batas. Di bukit tersebut juga terdapat museum yang berisikan kisah Jenderal Mac Arthur, jendral perang AS, selama Perang Dunia II.



pulau kecil di tengah danau Sentani


Mengarungi danau juga menjadi kegiatan yang menyenangkan. Anda dapat menyewa perahu dari masyarakat sekitar untuk menjelajahi Danau Sentani. Hembusan angin dan suasana yang syahdu dapat Anda temui selama perjalanan. Jangan lupa untuk bertemu masyarakat sekitar yang sangat ramah di tepian danaunya.



Danau Sentani memiliki luas sekitar 110 km2, dan terdapat beberapa pulau kecil di tengahnya, antara lain Pulau Asei, Pulau Ajau, Pulau Yobeh, Pulau Kensio, Puyoh besar atau Putali, dan Pulau Yonokom. Salah satu yang terkenal Pulau Asei dengan kerajinan lukisan kulit kayunya. Lukisan yang unik!




Danau ini juga merupakan rumah untuk 33 jenis ikan. Sebagiannya adalah ikan yang hanya hidup di pulau ini, salah satunya yaitu ikan gergaji (Pristis Microdon). Anda pun bisa merasakan kuliner ikan yang khas di sekitar danau. Masyarakat di sekitar Danau Sentani sangat ramah dan terbuka kepada turis. jadi jangan malu untuk menyapa mereka.



Keheningan Papua terletak di Danau Sentani. Pesonanya akan membuat Anda menggagumi alam Papua.
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top