Daftar Isi

Banyak Anak Cerdas yang Lahir Saat Ibu Berusia 40 Tahun-an




Melahirkan anak di usia tua ternyata tidak selamanya memiliki efek buruk. Sebuah riset terbaru para ilmuwan Inggris mengindikasikan, anak-anak yang lahir dari ibu berusia rata-rata lebih dari 40 tahun cenderung lebih sehat, cerdas dan jarang masuk rumah sakit.


Selain itu, anak-anak tersebut juga akan mengembangkan kosakata yang lebih luas ketimbang anak yang lahir dari ibu muda serta memiliki skor yang lebih tinggi saat tes IQ dalam berbagai ukuran hingga usia lima tahun.



Hasil penelitian ini akan dipresentasikan pada konferensi The Royal College of Pediatrics and Child Health, Glasgow Skotlandia. Menurut peneliti, temuan tersebut menjadi kabar baik khususnya bagi para perempuan yang menunda hamil di usia muda.



Berbagai riset sebelumnya telah menyoroti tingkat infertilitas yang mungkin rentan dialami oleh wanita yang lebih tua dan risiko lebih besar terkena diabetes dan pra-eklampsia. Tapi penelitian terbaru tampaknya menunjukkan keuntungan untuk ibu yang lebih tua setelah mereka melahirkan, mungkin karena pengalaman mereka yang lebih besar dan kematangan.



Peneliti mencatat, jumlah ibu yang melahirkan di atas usia 40 tahun meningkat dari 15.000 pada tahun 2000 menjadi 27.000 pada tahun 2010.



Para peneliti dari Institute of Child Health, University College London dan Birkbeck College, London, mengatakan, temuan ini menunjukkan bahwa ibu yang lebih tua dapat menjadi orang tua yang lebih baik.



Dr Alastair Sutcliffe, peneliti dalam riset itu mengatakan, publisitas negatif yang muncul seputar ibu yang lebih tua didasarkan pada risiko fisik dari kehamilan dan persalinan.



"Kami memiliki bukti jelas bahwa ada sesuatu yang diidamkan untuk anak-anak dari ibu yang lebih tua ketimbang ibu muda. Kami dapat meyakinkan para perempuan yang lebih tua bahwa anak-anak mereka mungkin lebih baik," katanya.



The Wellcome Foundation yang mendanai penelitian ini mengamati 1.100 anak yang lahir dari perempuan berusia 40 tahun atau lebih. Kemudian peneliti membandingkan dengan 38.000 anak yang lahir dari perempuan yang lebih muda di Inggris. Usia anak-anak berkisar antara sembilan bulan sampai lima tahun.



Hasil menunjukkan, anak-anak dari ibu yang lebih tua cenderung jarang mengalami kecelakaan atau masuk rumah sakit dan memiliki risiko lebih kecil mengalami obesitas.



"Kami menemukan suatu rangkaian yang menunjukkan hubungan antara usia yang lebih tua dari ibu dan hasil yang lebih baik. Ini adalah efek dari penuaan semata," kata Sutclife.



"Pertanyaan besarnya adalah mengapa? Ibu yang lebih tua tampaknya memiliki keterampilan sebagai orangtua yang lebih baik. Mereka cenderung kurang impulsif, lebih tenang dan mempunyai pengalaman hidup yang lebih banyak sehingga membuat peran mereka sebagai orang tua lebih baik," tutupnya.
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top