Daftar Isi

Pria Ini Mengunjungi 11 Negara Tanpa Uang Sepeser pun



Berkeliling mengunjungi berbagai negara tanpa modal sepeserpun, itulah yang dilakukan oleh Michael Wigge, seorang traveller asal Jerman. Ia menempuh jarak sekitar 40.000 kilometer dan dapat mengunjungi hingga sebelas negara. Bagi orang umumnya, untuk melakukan perjalanan wisata ke banyak negara, yang pertama dipikirkan tentulah biaya. Jika tak ada cukup uang di kantong, biasanya keinginan tak jadi terlaksana. Tapi lain halnya dengan Wigge. Baginya tak masalah memulai perjalanan meski tak ada uang di kantong. Jadi, bagaimana Michael Wigge memenuhi biaya perjalanannya?

Modal Wigge untuk keliling berbagai negara memang bukan uang, melainkan kreativitas dan kemampuan berpikir di luar kebiasaan untuk bisa tetap survive. Wigge mengumpulkan uang untuk kebutuhan tiket transportasi, makan, minum dan hal-hal lain justru pada saat perjalanan. Dalam perjalanan, banyak tantangan dan hambatan yang ia hadapi berkaitan dengan biaya, akan tetapi hal tersebut justru mendorong pikirannya untuk lebih kreatif. Dan muncullah ide-ide yang sebelumnya tak terpikirkan untuk menghimpun dana yang dibutuhkan.

Apa saja usaha-usaha Wigge untuk mendapatkan uang selama perjalanannya? Ia melakukan banyak hal, mulai dari menjadi ‘sofa manusia’, menjadi porter, hingga bekerja di kedutaan. Semuanya tidak mudah, tapi kepuasan yang diperoleh dari perjalanan panjangnya sungguh tak ternilai.


Menjadi ‘sofa manusia’ yang dimaksud di atas adalah benar-benar berperan menjadi tempat duduk. Wigge sempat beberapa kali menawarkan tubuhnya menjadi sofa yang bisa diduduki oleh turis lain, sehingga mereka bisa beristirahat dalam perjalanan. Dari sini, ia bisa memperoleh makan dan minum.


Wigge pernah mengunjungi situs Machu Picchu di pegunungan Andes. Untuk melakukan pendakian hingga sampai di situs tersebut,  Wigge butuh sejumlah uang. Dan yang dilakukannya adalah menjadi porter bagi turis lain dengan tujuan yang sama. Ia membawakan beban para turis itu dari bawah hingga ketinggian 4267 meter.


Hal menarik juga terjadi saat Wigge berada di San Fransisco dan hendak melanjutkan perjalanan ke Amerika Tengah. Ia butuh uang untuk tiket penerbangan. Wigge lantas membawa bantal ke bandara dan melakukan aksi perang bantal. Orang-orang yang lalu lalang dan melihat aksinya lantas memberikan imbalan berupa uang. Akhirnya, Wigge pun bisa terbang ke Amerika Tengah.

Bekerja di kedutaan untuk sementara juga pernah dilakoni Wigge untuk mendapatkan uang. Ini dilakukannya ketika berada di Panama. Ia menawarkan diri untuk menjadi pelayan di kedutaan Jerman yang berada di Panama. Dan ternyata diterima. Selama di kedutaan, tugasnya menyambut tamu-tamu besar, menghidangkan wine dan membersihkan kolam. Melalui perjuangannya, ia berhasil menjelajahi Jerman, Belgia, Kanada, Amerika Serikat, Costa Rica, Panama, Colombia, Peru, Bolivia, Chile dan Argentina. Wigge berbagi pengalamannya dengan menulis buku dan melalui sebuah acara TV berseri. Keduanya berjudul sama,  How to Travel the World for Free.

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top