Daftar Isi

4 Hari 3 Malam Berlibur di Sulawesi Utara





Sulawesi Utara dapat menjadi destinasi libur panjang kali ini. Hanya dengan 4 hari 3 malam, Anda dapat menggagumi destinasi-destinasi yang cantik. Anda dapat menyelami Bunaken hingga menenangkan hati di Bukit Kasih.

Keindahan Sulawesi Utara sudah terkenal di kalangan traveler. Suasana pegunungan, pantai yang bersih, hingga terumbu karangnya menjadikan wilayah tersebut layak untuk menjadi destinasi liburan Anda pada long weekend kali ini, 17-20 Mei 2012.

Disusun detikTravel, Selasa (15/5/2012), berikut itinerary liburan di Sulawesi Utara selama 4 hari 3 malam:

1. Hari pertama, Kamis 17 Mei

Perjalanan dari Jakarta dari ke Manado menghabiskan waktu sekitar 4 jam., karena perbedaan waktu antara Indonesia bagian barat dan tengah yang berbeda satu jam. Setibanya di Manado, ada banyak hotel dan penginapan yang dapat Anda temui, mulai dari hotel berbintang hingga losmen.

Beristirahatlah sejenak di kamar, atau Anda bisa melakukan city tour. Ada Klenteng Ban Hin Kiong yang merupakan klenteng tertua di Sulawesi Utara, usianya bahkan mencapai 4 abad. Letaknya tidak jauh dari pusat kota. Atau, Anda bisa menyisir Jalan Manado yang letaknya tidak jauh dari garis pantai. Angin pantai yang khas dapat menjadi teman Anda saat menyantap bubur Manado yang spesial.

2. Hari kedua, Jumat 18 Mei

Siapkan diri Anda untuk berkunjung ke Tomohon, yang mempunyai julukan "Kota Bunga". Di sana terdapat petani yang bunga yang menjajakan aneka jenis bunga yang cantik dan nikmat dipandang. Anda bisa berbelanja dan merasakan sejuknya udara khas Tomohon. Sebelum ke Tomohon, Anda akan melewati patung Yesus memberkati. Patung tersebut memiliki tinggi 31 meter, menghadap Kota Manado dan menyerupai patung Yesus di Rio de Jenairo, Brazil.

Di Tomohon juga terdapat danau yang unik, yaitu Danau Linow. Danau ini mempunyai luas sekitar 34 hektar dan juga dapat berubah warna. Perubahan warna tersebut dikarenakan mengandung kadar belerang yang tinggi. Selain itu, pemandangannya pun sangat elok untuk dipandang.

Setelah itu, lanjutkanlah perjalanan ke Minahasa untuk melihat Bukit Kasih. Tempat ini merupakan wadah toleransi antar umat agama, yaitu Islam, Kristen, Buddha, dan Hindu. Anda akan menelusuri perbukitan, melihat tempat peribadatan tiap agama tersebut. Dengan suasana sejuk, hati dan jiwa pun seolah menemukan kedamaian di sini.

3. Hari ketiga, Sabtu 19 Mei

Untuk hari ini, habiskanlah waktu Anda di Bunaken. Tempat diving yang terkenal hingga mancanegara tersebut memiliki keindahan bawah laut yang menawan. Terumbu karang dan ikan laut yang berwarna-warni menjadi suguhan utama Anda di sini.

Perjalanan menuju Bunaken dapat Anda lalui dari Kota Manado, menggunakan speedboat dengan biaya Rp 25.000 per orang, 40 menit perjalanan Di sana juga terdapat banyak penyewaan alat snorkling dan diving, jadi jangan khawatir bila tidak punya peralatan sendiri.

Di Bunaken terdapat 13 jenis terumbu karang yang didominasi oleh bebatuan laut. Yang unik, yaitu terumbu karang terjal vertikal yang menjulang ke bawah sedalam 25-50 meter. Di Bunaken juga terdapat 91 jenis ikan yang beraneka ukuran dan tentu berwarna-warni.

4. Hari keempat, Minggu 20 Mei

Saatnya bersantai di kamar hotel untuk melepas lelah. Bagi Anda yang ingin memburu suvenir, di pusat kota atau pun di sepanjang jalan menuju bandara Sam Ratulangi terdapat banyak toko yang menjual aneka oleh-oleh khas Sulawesi utara.

Salah satu oleh-oleh yang paling banyak digemari adalah Klappertart yang merupakan kue khas Manado. Kue yang berbahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega, dan telur ini cukup awet untuk disimpan selama dua hari. Jangan lupa memasukkannya ke dalam kulkas untuk menjaga cita rasa. Rasanya pun sangat lezat! Selain itu, baju bergambar atau bertuliskan Bunaken juga menjadi oleh-oleh yang sering diburu wisatawan.

Itulah itinerary untuk menghabiskan long weekend kali ini di Sulawesi Utara. Selamat berlibur dan bersenang-senang, Jo!
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top