Daftar Isi

Pihak Pengunggah Foto Palsu Sukhoi Meminta Maaf




Lis Anggraini, ibunda YS yang menjadi tersangka penyebaran foto palsu tragedi Sukhoi, meminta maaf kepada masyarakat Indonesia. Lis mengungkapkan, perbuatan anaknya itu tidaklah disengaja.

"Kami serahkan semuanya kepada penyidik," kata Lis. "Saya pribadi meminta maaf kepada masyarakat di seluruh Indonesia. Kepada para korban Sukhoi, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya atas apa yang dilakukan anak saya secara tidak disengaja," katanya di Markas Besar Kepolisian, Selasa malam, 15 Mei 2012.

Lis menyampaikan, gambar itu dia dapat dari teman-temannya. Lalu, dia memberikan gambar itu kepada anaknya dengan maksud agar dia berempati kepada korban. "Anak saya pun tidak ada niat apa-apa," kata Lis.

Pengacara YS, Muhammad Yahya Rasyid, menyampaikan hal senada bahwa kliennya tidak punya kepentingan lain di balik penyebaran foto itu. "Tanpa mengkroscek gambar itu apakah korban Sukhoi atau bukan, langsung saja diaupload di Twitter-nya, karena dia merasa berempati terhadap korban. Dia berpikir itu adalah gambar Sukhoi, tanpa dia cek terlebih dahulu," kata Yahya.

Jika memang ada maksud rekayasa, Yahya menjelaskan, kliennya tentu tidak akan mencantumkan identitas dan gambar mukanya secara jelas. "Kita bisa lihat itikad baik dari YS," katanya. 

Selain itu, setelah diunggah sekitar dua jam dan langsung mendapat respons negatif, YS langsung menghapus tweet itu. Namun, setelah itu muncul teror melalui akun Facebook dan emailnya. 

"Dia (YS) menyerahkan diri. Dia depresi, ternyata bela sungkawa yang diungkapkannya itu menimbulkan efek negatif. Dalam kesempatan ini, kami menyampaikan permohonan maaf dari YS sekeluarga. Tidak ada maksud lain, hanya untuk menyampaikan rasa empati terhadap korban musibah Sukhoi," kata Yahya.

Mabes Polri telah menetapkan YS sebagai tersangka dalam kasus ini. Mahasiswa asal Lampung itu dikenai tuduhan telah memanipulasi informasi.

"Perbuatan memanipulasi informasi, seolah gambar itu terjadi pada kasus peristiwa jatuhnya pesawat Sukhoi tersebut," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigjen M. Taufik.

Namun, Taufik tidak menyebutkan pasal apa yang dilanggar pengunggah foto itu. Proses pemeriksaan terhadap YS berlangsung baik. "Yang bersangkutan datang dengan penuh kesadaran dan mengakui semua perbuatannya," ucap Taufik. 
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top