Daftar Isi

Flashback Tragedi Gunung Salak Bogor



Gunung Salak merupakan sebuah gunung berapi yang memiliki ketinggian 2.180 m dpl. Secara administratif, Gunung Salak termasuk dalam wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Di gunung ini pula serentetan kecelakaan pesawat terjadi, dengan melibatkan berbagai macam jenis pesawat. Yang terbaru jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 milik Rusia yang tengah melakukan Joy Flight dari Halim Perdana Kusumah menuju-Pelabuhan Ratu lantas kembali ke Halim. Namun naas, pesawat yang membawa 45 penumpang tersebut jatuh pada Rabu 9 Mei 2012 kemarin.
Seperti yang dilansir www.tempo.co, Sukhoi mengklaim pesawat Superjet-100 ini punya sistem navigasi yang canggih. Bahkan pesawat ini diklaim bisa didaratkan oleh satu pilot. Toh, pesawat ini hilang di kawasan Gunung Salak, Bogor, saat melakukan demonstrasi terbang. 

Sekedar mengulang berbagai musibah kecelakaan pesawat yang melibatkan Gunung Salak ini, kami menghadirkannya untuk Anda:
1. Musibah Sukhoi Superjet 100 – 9 Mei 2012
Musibah Sukhoi Su-100 di Gunung Salak terjadi pada tanggal 9 Mei 2012 ketika sebuah pesawat Sukhoi Superjet 100 menghilang dalam penerbangan demonstrasi yang berangkat dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Indonesia. Pada pukul 14:00 Waktu Indonesia Barat (07:00 UTC), SSJ-100 berangkat dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma untuk penerbangan demonstrasi setempat, dan dijadwalkan kembali ke titik keberangkatan. Ini adalah penerbangan kedua pesawat demonstrasi itu beroperasi hari itu. Ada enam kru, dua perwakilan dari Sukhoi dan 37 penumpang. Di antara penumpang adalah perwakilan dari Aviastar Mandiri, Batavia Air,Pelita Air Service, dan Sriwijaya Air. Pada pukul 15:30 (08:30 UTC), kru meminta izin untuk turun ke ketinggian 6.000 kaki (1,800 m), yang diberikan. Ini merupakan kontak terakhir Pemandu Lalu Lintas Udara dengan pesawatyang saat itu sekitar 75 mil laut (139 km) selatan Jakarta, di sekitar Gunung Salak.

Sebuah pencarian di darat dan udara untuk pencarian pesawat ini dimulai, tapi dibatalkan karena malam tiba. Pada tanggal 10 Mei pukul 09:00 Waktu Indonesia Barat (02:00 UTC), reruntuhan Superjet Sukhoi ditemukan di Gunung Salak, pada ketinggian 1.500 meter. Hal yang diketahui hanya bahwa pesawat terbang searah jarum jam menuju Jakarta sebelum men`brak Gunung Salak. Tidak diketahui apakah ada korban selamat.

2. Musibah Pesawat Latih Donner – 30 April 2009
Pesawat latih Donner milik Pusat Pelatihan Penerbangan Curug, mengalami musibah dan jatuh di Kampung Cibunar, Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor. Atas kejadian ini, ke tiga korban yang kesemuanya awak pesawat tewas.

3. Musibah Pesawat Casa TNI AU – Juni 2008
Pesawat Casa 212 TNI AU jatuh di Gunung Salak di ketinggian 4.200 kaki dari permukaan laut. Korban: 18 tewas. Pesawat mengalami kecelakaan saat melakukan penerbangan dari Lanud Halim Perdanakusumah ke Lanud Atang Sanjaya Bogor. Pesawat dari Skuadron 4 Lanud Abdurahman Saleh itu tinggal landas dari Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, sekitar pukul 10.00 WIB. Namun, sesaat setelah tinggal landas pesawat pesawat tidak bisa dihubungi oleh menara pengawas pada pukul 11.30 WIB.

4. Musibah Pesawat Cesna - 20 Juni 2004
Pesawat Cessna 185 Skywagon jatuh di Danau Lido, di Cijeruk, Bogor. Korban: 5 tewas.


5. Musibah Pesawat Paralayang Red Baron - 15 April 2004
Pesawat paralayang Red Baron GT 500 milik Lido Aero Sport jatuh di Desa Wates Jaya, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor mengakibatkan dua korban tewas. Selain itu, ada juga musibah lainnya yang melibatkan Helikopter Sikorsky S-58T Twinpac TNI AU, yang  jatuh di Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor. Korban: 7 tewas pada 29 Oktober 2003.
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top