Daftar Isi

Liburan ke Pantai Lebih Menyenangkan




Bayangkan sebuah pantai yang indah ada di hadapan Anda, dengan sinar mentari hangat yang mengenai kulit, melihat cerahnya langit biru, dan menikmati suara deburan ombak, menikmati semangkuk kelapa muda segar.. pasti menyenangkan. Pernahkah Anda bertanya-tanya, mengapa tubuh dan pikiran Anda kembali segar dan terasa makin sehat setelah mengunjungi pantai? Sebuah penelitian memberikan jawaban yang bisa membuat Anda terus menjadwalkan kunjungan ke pantai saat berlibur.

Dilansir Newsmaxhealth, berdasarkan penelitian terbaru yang dikeluarkan European Centre for Environment and Human Healthdi Truro, Cornwall, berjalan-jalan santai di sepanjang pantai bisa membuat suasana hati yang buruk membaik, Anda akan bergembira dengan cara sederhana ini.

Penelitian yang dilakukan selama dua tahun pada lebih dari 2.750 peserta menunjukkan hasil bahwa jalan-jalan di pantai, terlepas pada saat itu udara sedang cerah atau mending, ternyata membawa kesehatan emosi dan fisik ke tingkat yang lebih baik dibandingkan berjalan di taman walaupun sama-sama memiliki suasana alam. Ada perbedaan saat di pantai, perasaan gembira lebih mudah datang sekaligus membuat pikiran lebih tenang.
Beberapa ilmuwan yakin bahwa perasaan nyaman saat berada di pantai adalah efek yang ditimbulkan oleh turbulensi yang terjadi saat gelombang laut pecah. Peristiwa itu mengubah struktur fisik dari udara dan air lalu melepaskan ion bermuatan ke atmosfer. Ada sebuah ide menarik bahwa lokasi yang dipenuhi ion bermuatan negatif, misalnya laut, gunung salju dan air terjun akan meningkatkan mood seseorang dengan memicu hormon endorfin dan serotonin (hormon yang  membuat Anda merasa gembira), sekaligus meningkatkan aliran darah dan oksigen dalam tubuh.

Jika Anda tinggal di daerah perkotaan yang jauh dari laut, tak ada salahnya merencanakan liburan di daerah pantai untuk memperbaiki kesehatan emosi dan menenangkan pikiran. Sehingga saat kembali pada rutinitas harian, Anda akan lebih fit dan sehat. Kalaupun Anda merasa liburan ke pantai terlalu merepotkan, para ilmuwan menyarankan agar Anda melakukan meditasi, tidur cukup, memelihara binatang, atau tertawa bersama sahabat, cara-cara tersebut bisa membuat tubuh Anda dibanjiri hormon bahagia yang baik untuk kesehatan emosi dan fisik Anda.
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top