Daftar Isi

Tips Keluar Dari Kejenuhan hubungan




 "Dulu cintaku, banyak padamu. Entah mengapa, kini berkurang," begitulah petikan lirik lagu Rio Febrian berjudul Jenuh. Ya, kejenuhan memang wajar dialami setiap pasangan. Walau cintanya berkurang, namun bukan berarti hilang, kan?

Psikolog MG Yulistin Puspaningrum mengatakan biasanya kebosanan dalam sebuah hubungan terjadi karena rutinitas. 

Berdasarkan penelitian International Labour Organization yang dilakukan di 48 negara, tiap tahunnya orang-orang Asia menghabiskan waktu paling banyak untuk bekerja.

Kita terjebak dalam rutinitas bekerja, mengurus kendaraan, mengantar anak sekolah sehingga tidak ada waktu untuk romansa. Jangan sampai hal ini menjadi ancaman hubungan Anda dengan pasangan.

Esquire telah mencari berbagai cara mengembalikan romansa untuk menyajikannya untuk Anda. Yang terpenting adalah keinginan Anda untuk mempertahankan hubungan tersebut.

Berlibur berdua
Carilah waktu untuk berlibur berdua saja dengan pasangan. Yulistin mengatakan terkadang Anda harus "tega" meninggalkan buah hati Anda. 

Liburan ini akan mengikat kembali Anda dan pasangan. "Karena hanya dengan berdua saja komunikasi akan lebih dalam, lebih intim, bisa sharing, sehingga tergali solusi masalah Anda atau untuk merancang hubungan kedepannya bagaimana," terang Yulistin.

Kencan spontan
Jika liburannya butuh perencanaan yang cukup, alternatifnya adalah mengajak pasangan untuk kencan malam. Yulistin menyarankan lakukanlah dengan spontan, berdua saja.  

Buatlah kencan ini lebih spesial dari biasanya. Misalnya, jika Anda dan pasangan hanya makan di restoran atau nonton di tempat yang biasa, ajaklah ia ke tempat yang lebih high class. Ini akan membuatnya merasa lebih spesial. Tak perlu menunggu anniversary untuk melakukan ini.

Nostalgia
"Biasanya pria punya kecenderungan mengejar sesuatu yang susah di dapat. Setelah dapat mulai terasa hambar," kata Yulistin. "Jadi, ada baiknya Anda dan pasangan mendatangi tempat-tempat kenangan dulu sewaktu mesra-mesranya berpacaran."

Komunikasi
Yustin mengatakan jika Anda menemui kejenuhan atau memiliki masalah dalam hubungan, jangan curhat ke teman lawan jenis. "Anggaplah teman pria Anda kebetulan memerhatikan masalah Anda dan memberi solusi. Kemungkinan Anda akan simpati, lalu timbul empati, dan akhirnya bisa jadi Anda membandingkan pasangan Anda dengan teman Anda. Pertemanan akhirnya bisa jadi perselingkuhan," terangnya.  

Katakan dengan jujur pada pasangan Anda mengapa Anda jenuh. Solusi terbaik bisa jadi bukan datang dari orang lain, tapi justru dari pasangan Anda sendiri.

Menyendiri
Jika Anda ingin menyendiri dan butuh jauh dari pasangan, silahkan. Tapi jelaskan padanya alasan Anda, misal untuk menenangkan diri atau mencari waktu sendiri. Tekankan satu hal padanya bahwa Anda melakukan ini supaya hubungan kalian lebih langgeng. Gunakan waktu menyendiri ini untuk mengevaluasi perkawinan Anda. 



Visualisasi
Menghidupkan kembali momen penting bersama pasangan juga bisa dilakukan dengan mudah. Caranya, pandang pasangan Anda, lalu visualisasikan momen-momen indah dulu bersamanya.  Kenangan-kenangan itu akan  mengingatkan kembali kenapa Anda memilih ia sebagai pasangan hidup Anda.

Gunakan panggilan kesayangan
Setelah berkeluarga dan mempunyai anak, biasanya panggilan kesayangan Anda kepada pasangan pun berubah dari "sayang" menjadi "mama-papa" atau "ayah-bunda". Padahal, menurut psikolog Yulistin, panggilan kesayangan itu perlu dipertahankan. "Biar pasangan merasa lebih spesial dan hubungan jadi lebih intim," terangnya

Couple Night Out
Presenter Ferdi Hasan termasuk artis yang jauh dari gosip miring mengenai kehidupan rumah tangganya. Resepnya agar menjaga hubungan tetap harmonis adalah pembagian waktu. "Saya membagi waktu menjadi empat prioritas. Waktu untuk bekerja, anak, diri sendiri, dan istri," katanya. 

Ia pun menyarankan bagi Anda yang kesulitan membagi waktu, untuk jalan-jalan bersama istri dan teman-teman yang sudah berpasangan. Dengan melakukan ini, Anda mendapat waktu bersama istri sekaligus tidak kehilangan waktu bersama teman.

Surat menyurat
Buatlah surat yang isinya ungkapan perasaan Anda, apa yang dicintai dari pasangan Anda. Tuliskan pujian dalam surat itu, walaupun untuk hal kecil sekalipun (misal, "Aku cinta kamu karena kamu tahu cara membuat makanan favoritku"). 

Setelah itu, mintalah timbal balik dari pasangan Anda. Yulistin mengatakan keuntungannya surat-surat ini bisa disimpan agar bisa dibaca kembali dan mengingatkan Anda dan pasangan kenapa saling mencintai

Variasi seks
Kejenuhan bisa jadi timbul karena aktivitas seks yang monoton. Maka, cobalah variasi, mulai dari posisi bercinta hingga perubahan lokasi (menyewa vila, misalnya). Patut juga dicoba artikel-artikel yang ditulis  di majalah mengenai variasi seks. 
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top